Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Siap Bersaing Melalui E-Commerce, Keripik Kelapa Sudah Dapat Dibeli di Webdesaku

Siap Bersaing Melalui E-Commerce, Keripik Kelapa Sudah Dapat Dibeli di Webdesaku

Di era digital seperti saat ini banyak tantangan yang perlu dihadapi oleh pengusaha terutamanya para pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Seiring meningkatnya pemanfaatan teknologi, para pengusaha UMKM juga harus dapat mengikuti arus. Seperti amanat Presiden RI, Joko Widodo, bahwa UMKM ini perlu ditingkatkan agar dapat menguatkan perekonomian lokal dan nasional. Para pengusaha UMKM harus bisa bersaing seiring perkembangan jaman. Di era ini sudah hadir e-commerce yang mana menjadi pasar online untuk para pengusaha terutama pedagang.

E-commerce atau perdagangan elektronik memiliki banyak manfaat bagi UMKM. Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta telah menerbitkan Webdesaku yang didalamnya memiliki fitur belanja online. Webdesaku memungkinkan UMKM untuk menjual produk atau layanan mereka kepada pelanggan di seluruh Indonesia bahkan dunia, bukan hanya di tingkat lokal atau regional. Ini membuka pintu bagi peluang pertumbuhan yang jauh lebih besar. UMKM dapat mengurangi biaya operasional yang terkait dengan toko fisik seperti sewa tempat, listrik, dan stok barang. Dengan demikian, para pengusaha dapat menjalankan bisnis dengan biaya yang lebih rendah. Melalui Webdesaku, UMKM dapat menggunakan alat pemasaran digital seperti iklan online, media sosial, dan kampanye email untuk menjangkau pelanggan potensial dengan biaya yang lebih rendah daripada iklan konvensional. Selain itu juga dapat menggunakan analitik web untuk memahami perilaku pelanggan dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Namun, target utama adanya Webdesaku ini adalah untuk mengangkat serta mempromosikan produk-produk UMKM di desa yang masih kurang berkembang.

Keripik Kelapa, UMKM yang berasal dari Desa Kertamukti, Kecamatan Campaka, sekarang sudah turut hadir dan tersedia di Webdesaku. Produk ini sudah dapat dipesan dan dibeli melalui aplikasi Webdesaku milik Pemerintah Daerah Purwakarta. Produk Keripik Kelapa ini dibantu oleh perangkat desa berkolaborasi dengan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dinilai sudah siap bersaing bukan hanya secara lokal bahkan nasional dan juga internasional. Melalui Webdesaku ini maka akan membantu pemasaran produk Keripik Kelapa menjadi lebih luas. Para pelanggan juga dapat lebih mudah membeli produk ini dengan hanya mengunjungi website desa yaitu https://kertamukti-purwakarta.desa.id . Kemudian memilih fitur "Belanja" pada lama utama website. Setelah itu, dapat memilih produk yang akan dibeli. Untuk pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai cara mulai transfer atm, bank mobile, ataupun dompet digital.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *