Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Dikenal sebagai Area Industrial Purwakarta, Begini Sejarah Desa Kertamukti

Dikenal sebagai Area Industrial Purwakarta, Begini Sejarah Desa Kertamukti

Desa Kertamukti adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Desa Kertamukti memiliki keunggulan yang cukup menonjol dibandingkan dengan desa - desa lain karena sejak lama desa ini telah menjadi area perindustrian. Ada setidaknya lima perusahaan besar yang bermarkas di Desa Kertamukti antara lain yaitu PT. Velasto Indonesia, PT. Ongpin Jaya Indonesia, PT. Formosa Plastik, PT. Standard Biosensor Healthcare, dan PT. Perkebunan Nusantara.

Seperti desa - desa lain, Desa Kertamukti juga memiliki sejarah panjang asal muasal terbentuknya desa yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Sejarah Desa Kertamukti juga tak bisa dilepaskan dari sejarah masyarakat Kertamukti di Kecamatan Campaka. Penamaan Desa Kertamukti diambil dari dua kata yaitu "kerta" dan "mukti". Kerta diambil dari bahasa sansekerta yaitu krta yang berarti pekerjaan yang telah dicapai, sementara mukti memiliki arti jaya atau makmur. Jadi, bila disatukan menjadi Kertamukti merupakan pekerjaan yang telah tercapai akan menghasilkan kemakmuran/kejayaan.

Desa Kertamukti dulunya masih berada pada satu wilayah Kemantren yang kemudian setelah itu pecah menjadi tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Campaka, Kecamatan Cibatu, dan Kecamatan Bungursari. Keberadaan Desa Kertamukti dulunya merupakan hasil pemekaran dari Desa Cimahi pada tahun 1985. Pada saat itu, Desa Kertamukti dipimpin oleh seorang Kepala Desa yaitu bermana Asmita. Asmita memimpi masyarakat Kertamukti sejak awal berdirinya (hasil pemekaran Desa Cimahi) pada tahun 1985 sampai dengan tahun 1990. Kemudian, pada tahun 1990 dilaksanakanlah pemilihan kepala desa yang pertama kali. Selanjutnya perkembangan kepemimpinan Desa Kertamukti dirangkum dalam periode kepemimpinan sebagai berikut:

  1. ASMITA (1985 - 1990)
  2. MUHDIAT (1990 - 1995)
  3. ABDUL MANAF (1995 - 2002)
  4. Hj. INA HERLINA (2002 - 2007)
  5. Hj. INA HERLINA (2007 - 2013)
  6. Pjs. DARMAWAN (2014)
  7. WOWO BUDIARTO (2015 - 2021)
  8. WOWO BUDIARTO (2021 - 2027)

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *